Guest Lecturer: Bong Defendy

e-mail: me@defendy.com

 

Beberapa pembelajaran yang didapat dari guest lecturer:

 

Big Data

Big Data adalah data dengan ciri berukuran sangat besar, sangat variatif, sangat cepat pertumbuhannya dan mungkin tidak terstruktur yang perlu diolah khusus dengan teknologi inovatif sehingga mendapatkan informasi yang mendalam dan dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih baik.

Karakteristik Big Data: Berukuran sangat besar (high-volume), sangat bervariasi (high-variety), kecepatan pertumbuhan tinggi (high-velocity), sangat tidak jelas (high veracity).

 

Arduino

Arduino adalah sebuah platform open source yang digunakan untuk membuat proyek-proyek elektronika. Terdiri dari dua bagian utama yaitu sebuah papan sirkuit fisik (mikrokontroler) dan sebuah perangkat lunak atau IDE (Integrated Development Environment) pada komputer.

Keunggulan Arduino: Murah, sederhana dan mudah, perangkat lunaknya Open Source, perangkat kerasnya Open Source.

 

Raspberry Pi

Raspberry Pi adalah sebuah mini kit yang bisa di jadikan komputer mini. Memiliki 2 model, yaitu Raspi Model A dan Raspi Model B, dimana perbedaanya ada di bagian RAM.

Raspberry Pi atau Raspi hanya berukuran sebesar kartu kredit.

 

Latex

TeX merupakan perangkat lunak pengolah dokumen yang ditujukan untuk menghasilkan dokumen yang berisi simbol-simbol matematik. Sementara LaTeX adalah hasil turunan dari TeX. TeX adalah bahasa pemrograman yang menjadi bagian utama dari typesetting system yang menghasilkan dokumen yang berkualitas tinggi.

 

Cloud Storage

Cloud storage adalah media penyimpanan data online yang bisa diakses darimana saja dan kapan saja selama terkoneksi ke internet.

Kelebihan Cloud Storage:

  • Bisa diakses dari banyak device
  • Tidak perlu membawa media penyimpanan seperti flashdisk dan harddisk
  • Bisa digunakan sebagai backup data

Kekurangan Cloud Storage:

  • Membutuhkan jaringan internet
  • Dapat diakses oleh hacker
  • Pengaksesan data terganggu jika koneksi internet sedang tidak bagus

Ada banyak sekali penyedia/provider cloud storage di internet.

 

Augmented Reality

Augmented Reality atau disingkat AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (realtime).

Augmented Reality diaplikasikan untuk semua indera. Teknologi ini terus dikembangkan dan perkembangannya cukup cepat. Teknologi ini akan sangat berguna kedepannya untuk masalah seperti promosi barang, video games, dan lainnya.